The different of conviction

Every human being has a different conviction...
However sometimes the difference caused dissension...
Moreover bloodshed...

Why could happen?...
And why must have the difference if only caused the problem ?...
There was no certain answer...

But that was certain...
The Lord created the difference...
So that humankind could choose...
Chose that was best...

Best was based on the mind and the heart...
Not because of the other person...
The condition...
And the habit...

The difference will become beautiful...
If understanding each other...
Did not force the desire...
Moreover if touching on the person's other conviction.

36 comments:

mocca_chi said...

bhineka tunggal ika ya bang, memang indah asal ga harus saling memaksakan

Sang Cerpenis bercerita said...

nah, susahnya banyak orang yg hobi maksa.

Arif Chasan said...

eh.. eh.. tumben bukan soal cinta??? hehe .. *iya kan?*

Anggi Zahriyan said...

Justru dengan keanekaragaman kita bisa saling menghargai :D

WONG SIKAMPUH said...

Dengan beragam perbedaan maka akan mewujud kan persatuan..

cendrawasih said...

kata mbak ajeng pelangi itu indah karena beda warnanya yang beraneka... he

cah said...

Zeep! :-)

Aulawi Ahmad said...

@bUWEL @ aCHEN : nek ajeng yg ngomong sip pokok'e hehehe
@Wong : seharusnya begitu :)
@Anggi : masalahnya kadang perbedaan buat jadi perselisihan :)
@Arif : post berikutnya hehe
@Fanny : iya n maen belakang dgn cara halus :)
@Nchi : itulah yg sering terjadi :)

catatan kecilku said...

Hemmm..., benar juga ya..., bahwa Allah menciptakan perbedaan itu agar tiap2 manusia bisa memilih apa yg paling baik bagi dirinya...

the others... said...

Memang, jika ada rasa saling pengertian, maka perbedaan itu membuat dunia menjadi makin indah.
Mantap deh puisinya...

atanotonogoro said...

as usual, always nice :D

Aulawi Ahmad said...

@Ata : tq :)
@The others : tq :)
@Catatan kecil : begitulah mbak :)

exort said...

berbeda-beda tapi tetap satu ya bro

om rame said...

antara sesama tentunya memiLiki perbedaan, namun yang penting adaLah perbedaan tersebut untuk mendapatkan kesamaan antara satu dengan Lainnya.
terima kasih atas sharenya.

simple shoes said...

but alot of people debate bout their difference. then forget to respect one each others

Arif Chasan said...

selamat pagi pecinta!... ^_^

Neng Rara said...

assalamualakum,,,
mhn maaf segala kehilafan..
kunjungan pagi
salam

rosanakmami said...

yap
dan kita diciptakan berbeda2 untuk bisa saling mengenal. :)
pelangi jadi indah pun karena punya warna yang berbeda2.
[negbayangin warna pelangi kalo cuma putih aja, atau item aja, hehe]

inge / cyber dreamer said...

beda itu unik...
jadi jangan dipaksakan sama... ^^

hanya berusaha saja memahami ^^

Sang Cerpenis bercerita said...

mampir di hujan yg kalem..bawain teh

Aulawi Ahmad said...

@Fanny : ciee bahasanya roman banget hihihi
@Inge : itulah yg kumaksudkan dgn puisi diatas :)
@Rosa : pelangi indah karena dia harmoni dgn beragam warna, sedangkan perbedaan "keyakinan" kadang buat harmoni itu hilang karena "pemaksaan", "tidak toleransi" dan "mengusik (touching on)" keyakinan org lain :)
@Rara : Wa'alaikum salam n sama2 :)
@Arif : hahaha cuma pecinta biasa
@Rosi : yes that's a point at my poem :)
@Exort : betul bro :)
@Om :itu kalau masalah perbedaan pendapat atau tabiat bro, lain dgn keyakinan, karena itu lebih prinsip n tidak bisa diganggu gugat :)

saka hero said...

wah nggak mudeng bahasa inggris aku :D

Inuel Nyun's said...

perbedaan memang sangat indah, kalo sama mah ga insah plus banget ;)), apa kabar mas :D, lama tak kemare :D

elok langita said...

engga sekalian ada translatenya iah?

hehee ^___^

Frank said...

Mampir ajah Mas Aulawi.. heheh

atanotonogoro said...

selain puisi, kamu biasa berkarya lewat apa? :D

NURA said...

salam sobat
intinya perbedaan itu menyenangkan mas,
coba kalau semua sama,malahan bingung.

Aulawi Ahmad said...

@Nura : disini yg aku angkat perbedaan masalah keyakinan mbak, bukan ttg beda rasa atau prilaku :)
@Ata : tergantung permintaan :)
@Frank : oke mr frank alias achen hehehe
@Elok : mmm ntar jadi gak seru hehehe
@Inuel : apik nul :)
@Saka : aku juga gak mudeng makanya jadi pingin belajar :)
@

om rame said...

mungkin karena tuLisannya daLam bentuk puisi sehingga banyak yang mempersepsikan "perbedaan" dari asumsi masing-masing pembaca.

Arif Chasan said...

wah... kapan postingnya berikutnya?

vany said...

memang shrusnya kita menghargai pilihan hidup masing2 org ya, mas.... :)

Rosi said...

visit here again... left some words brother

Aulawi Ahmad said...

@Rosi : tq sist :)
@Vany : bener banget :)
@Arif : just wait :)
@Om rame : iya makanya judulnya kutegaskan ttg The different of conviction (perbedaan keyakinan) :)

Elsa said...

beda itu indah
kalo semuanya sama, bosen kan?

BABY DIJA said...

Dija maunya sama aja deh

Aulawi Ahmad said...

@Elsa :itulah kuasa Tuhan :)
@Dija : hehehe om juga ikutan ah

Share/Bookmark

Related Post